Ikan-ikan ku

Camera 360

Dirumah ku ada kolam ikan. Ikan-ikan itu cepet merasa lapar. Karena kami sekeluarga member makan ikan ikan dirumah 3 kali sehari maka setiap jam makan mereka tiba jika belum dikasih makan maka ikan-ikan itu akan beramai-ramai berenang ketepian kolam  setiap kali mendengar suara pintu belakang yang menghubungkan ruang belakang dan kolam dibuka. Seolah-olah ikan itu sedang minta makan dengan cara beramai-ramai berenang ketepian. Kolam ikan dirumah disekat menjadi dua bagian. Yang satu kolam besar dan yang satunya kolam kecil. Pada awalnya kolam kecil untuk ikan-ikan kecil dan kolam besar untuk ikan-ikan besar. Berhubung ikan dirumah masih kecil-kecil jadi ikan-ikan itu dibagi dua secara adil. Sebagian besar di kolam besar dan sisanya di kolam kecil. Setiap hari ikan-ikan itu diberi makan  dengan takaran yang sesuai jumlahnya, di kolam besar karena ikannya lebih banyak jadi makanannya juga banyak, di kolam kecil karena lebih sedikit maka diberi makan dengan jumlah lebih sedikit tapi dapat dipastikan semua ikan kenyang.

Beberapa bulan kemudian

Ikan-ikan yang berada dikolam besar tumbuh lebih besar ukuran badannya dan lincah dibanding ikan-ikan yang ada didalam kolam kecil. Padahal mereka dibeli dari tempat yang sama,dihari yang sama, diberi makan dengan makanan yang sama, dengan jumlah makanan yang sesuai. Tapi kenapa ukuran tubuh mereka tidak sama.

Akhirnya dimulailah eksperimen aku dan adikku yang berumur 9 tahun. Kita mulai memindahkan ikan-ikan yang berada dikolam kecil ke kolam besar dan memindahkan beberapa ekor ikan kolam besar ke kolam kecil. Dan ritual member makan ikan berjalan seperti hari-hari sebelumnya.

Beberapa bulan kemudian

Ikan-ikan kecil yang berada dikolam besar tumbuh semakin besar begitu juga ikan yang sudah lebih dulu tumbuh besar dikolam besar semakin besar. Berbeda dengan ikan besar yang ada dikolam kecil ukuran nya tidak sebesar ikan besar yang masih dikolam besar. Padahal mereka semua diberi makan yang sama, dengan jenis makanan yang sama.

Lalu aku mulai berpikir sepertinya kolam yang besar lebih mendukung ikan untuk cepat bertumbuh. Mungkin karena area hidup mereka lebih luas mereka bisa berenang lebih sering dan harus lebih gesit, walaupun makanan dikolam besar lebih banyak tapi karena populasinya lebih besar mereka harus berebut dan berjuang lebih berat dari pada ikan dikolam kecil.

Aku jadi ingat perkataan salah seorang dosen saat masih kuliah di Desain Interior waktu itu. Bunga yang ditanam didalam pot  akan lebih lambat tumbuhnya dari pada yang ditanam di halaman. Jadi kalau bisa belajar diluar negri kenapa enggak. Bukan berarti yang diluar negri itu selalu lebih baik, tapi pasti akan ada pengalaman berbeda yang didapatkan.

Dari kolam ikan ini aku mendapatkan inspirasi yang bagus untuk ku pribadi yang mungkin bisa kubagikan juga dengan siapapun. Mungkin aku akan lebih meresapi kisah ini jika aku melalui hal ini. Aku harus mencoba ini.

Sudah sejak lama ingin sekali mencicipi rasanya belajar dinegri orang. Pasti rasanya menyenangkan walaupun prosesnya bagiku yang agak penakut ini sedikit berat dilalui. Tapi demi keinginanku maka aku harus mencobanya.

Camera 360

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s